Kolam Sidat

*Gambar Keramba Apung

Keramba apung

*Gambar kolam sidat dari tanah

kolam sidat

*Gambar kolam sidat dari Beton

kolam sidat moa 3


kolam sidat moa 2

kolam sidat moa 5


  • Kolam diusahakan airnya berwarna hijau karena lumut, karena sidat lebih nyaman.
  • Jika air kolam masih jernih, diatasnya bisa diberi peneduh.
  • Berikan tempat sembunyi untuk sidatnya, itu bisa berupa ban bekas, dll.






199 Balasan ke Kolam Sidat

  1. duta purnama berkata:

    apa saja kendala anda menangani ikan moa,kan ikan moa itukan sejenis belut yang hidup di lumpur

    • tmhudd1 berkata:

      Moa bisa dipelihara dikolam tanpa lumpur. Cukup diberi tempat sembunyi saja, dan airnya agak kehijauan.
      Seperti pada gambar kolam sidat.

      • masmusa berkata:

        - Apakah bisa dipelihara dalam kolam terpal pak, seandainya bisa tolong detail pembuatan kolamnya?.
        – Berapa harga bibit per kg?
        – Berapa harga jual pasca panennya?
        – Apakah ada modul pelatihan yang bisa dipelajari pak?

        Terima kasih atas perhatiannya, mohon balasan ke e-mail: mazmuzza@yahoo.com

  2. rizal katili berkata:

    apakah perlu diberikan pompa air untuk menjernihkan / membersihkan air kolam, karena informasinya ikan ini sangat rentan penyakit

    terima kasih

  3. samuel berkata:

    pak untuk memelihara sidat dikolam beton dan tanah ,apakah ada ukuran minimal nya?kalau pakan nya dikasih bekicot atau cacing bgmn pak?
    makasih

  4. iin berkata:

    Apakah media untuk berternak sidat sama media berternak belut biasa pak? trims

    • tmhudd1 berkata:

      Berbeda, cara budidayanya mirip dengan lele.

      • mat siang pak….pak sya dari medan dan mau beli ikan sidat …dan ukuran kolam saya 80 x 2,5m…dan kolam saya ada 3 dengan ukuran yang sama…..pak….untuk tiap kolam tersebut brapa kg bibit ikan sidat dan pakan makanannya beli dimana pak sampai panen ikan sidat terbut……pak bagaimana kirimnya kedearah medan……bibit ikan sidat terbut

  5. prash berkata:

    sidat itu air laut tawar apa payau? kalau dikolam?

  6. bany berkata:

    apa saja kendala anda menangani sidat ini penyakit atau vitamin yang penting dalam pemeliharaan

  7. guruh berkata:

    maaf pak ikan sidat kalau di beri makan seperti poor utk lele bisa trus kalau dipelihara di air mengalir apa bisa/lebih cepat besar,trims

  8. eri berkata:

    dimana saya bisa beli benih sidat..?lokasi saya di sukabumi jawa barat

  9. yasin alam syah berkata:

    berapa harga bibit sidat..trus pemasarannya gampang gak nantik

  10. noer berkata:

    Siang Pak,

    saya ada minat utk budidaya ikan sidat dan ada beberapa hal yg saya ingin tanya dulu :
    1. kolam yg di gambar ini ….x….. dan tingginya berapa ?
    2. bisa menampung berapa kg bibit sampai umur panen di kolam tsb ?
    3. berapa kg pakan dari usia bibit sampai panen di kolam tsb.
    4. apa lagi yg di perlukan di siapkan utk budidaya ini selain keterangan yg anda berikan di bawah gbr kolam ?.
    5.berapa harga benih sidat jenis marmota ukuran elver 15-40 cm dan ukuran Glass Eel ?
    6. dan berapa harga nantinya anda terima usai kami panen ?

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Salam,
    Noer

  11. Angga Surya berkata:

    Pak, apakah airnya harus terus mengalir?
    Atau pakai filtrasi?

  12. tujiono berkata:

    no. Hp .085880693615
    Saya sangat Antusias akan bisnis ini, mohon pencerahannya…
    saya ada di daerah kroya cilacap. dimana bisa dapetin info pelatihan dan bibit yang bisa di beli..
    thks..

  13. Herry berkata:

    - Apakah bisa dipelihara dalam kolam terpal pak, seandainya bisa tolong detail pembuatan kolamnya?.
    – Berapa harga bibit per kg?
    – Berapa harga jual psaca panennya?
    – Apakah ada modul pelatihan yang bisa dipelajari pak?

    Terima kasih atas perhatiannya, balasan mohon diemail ke herry.setiyawan@gmail.com

  14. pixun berkata:

    mohon petujuk teknis untuk pembudidayan sidat…harga bitit, dimana saya bisa beli bibit, estimasi hasil dan fakto faktor penyakitnya apa aja,..kemana saya nanti menjual hasil panen nya..thanks..ditunggu pak

  15. Harri Suherman berkata:

    pa saya harri ditangerang…..pa alamatnya dimana sih….bisa ngga saya kerumah…..dan berapa ya harga bibitnya…? mohon dibls…

  16. shaka berkata:

    bpk tomy.. aq skrg dah budidaya belut, mendengar sidat, aq jg tertarik untk coba ternaknya. tolog di kasih alamat jenengan n info harga bibit yang 5 gram /kgnya berapa? fath.mulyo@gmail.com

  17. shaka berkata:

    satu lagi pak tomy. harga jual dewasa siap panen skrg yang anda tampung brp? n yang anda tampung itu yang jenis apa?

  18. wiyanto berkata:

    saya tabu tetang sidat,lele paham dah sy pembudidaya lele.
    boleh bro info tetang pemeliharaan sidat dan purna jualnya bagai mana. tergiur sy info pelatihan dimana

  19. hengky setioso berkata:

    salam sejahtera pak, sy mempunyai lahan sekitar 1300m .dan sy tertarik dgn sidat. dan perlu mengetahui bentuk kolam dan ukuran kolam yg baik juga. kolam dari bahan apa yg terbaik,semen,fiber atau terpal.untuk permulaan baiknya menaman benih berapa banyak? dan juga teknik untuk pembesarannya bagaimana? terima kasih banyak pak…..

  20. emil berkata:

    saya sangat tertarik budidaya sidat ini, tolong pak saya di email-kan info budidaya tentang sidat. Thanks…

  21. Budi berkata:

    pak…
    posisi saya di jember (jatim) dan ingin budidaya sidat.
    1. Ukuran berapa sebaiknya bibit ditebar ke kolam?
    2. Berapa harga bibitnya per Kg?
    3. Bisa nggak klo saya beli bibit dan dikirim ke jember?
    4. Berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal?
    5. Berapa lama pembesarannya hingga siap dipasarkan?
    6. Pemasarannya bgmn?
    7. Saat ini harga pasarannya berapa?
    Terima kasih perhatiannya mohon di balas lewat email : mawan_set@yahoo.co.id

  22. bambag s berkata:

    tolong pak tomy, bagamana cara memelihara sidat dari kecil hingga siap jual baik makanan yang diberikan maupun ukuran kolam yang ideal dan hapasitas sidatnya,TQ

  23. Budi berkata:

    Mohon petunjuk
    Dengan kolam ukuran 2 x 1 x 1 m, maksimal ditebar 200 ekor.
    1. Dengan kepadatan tersebut di atas sampai ukuran berapa?
    2. Bila di jual kembali ke Bapak bagaimana sistem transportasinya (diambil atau dikirim) harganya terpengaruh apa nggak?

  24. okta berkata:

    Pak ….
    saya tinggal di daerah lumajang…
    Klo jual ke bapak diambil ditempat atau dikirim?
    harganya bagaimana?
    tingkat kepadatan berapa yang baik hingga sampai panen?

  25. JODY berkata:

    salam kenal…
    saya sangat tertarik dengan usaha ikan sidat..
    saya mau tanyakan
    1. saya mempunyai beberapa kolam ukuran 5x5m2 apakah ukuran kolam tersebut ideal untuk pembesaran sidat sampai ukuran 1kg/ekor..?? berapakah kedalaman air yang diperlukan??
    2. Untuk ukuran kolam tersebut sampai ukuran 1kg/ekor diperlukan berapa banyak bibit ukuran 10-20cm… apakah perlu selalu dilakukan penjarangan ?? tiap berapa bulan diperlukan penjarangan tersebut??
    terima kasih………

  26. JODY berkata:

    salam kenal…
    saya sangat tertarik dengan usaha ikan sidat..
    saya mau tanyakan
    1. saya mempunyai beberapa kolam ukuran 5x5m2 apakah ukuran kolam tersebut ideal untuk pembesaran sidat sampai ukuran 1kg/ekor..?? berapakah kedalaman air yang diperlukan??
    2. Untuk ukuran kolam tersebut sampai ukuran 1kg/ekor diperlukan berapa banyak bibit ukuran 10-20cm… apakah perlu selalu dilakukan penjarangan ?? tiap berapa bulan diperlukan penjarangan tersebut??
    terima kasih………

    kalo bisa di email ke alamat saya
    jodhy_am@yahoo.com

  27. JODY berkata:

    mohon petunjuk pembudidayaan sidat
    kalo bisa tolong di email ke email saya
    jodhy_am@yahoo.com

    terima kasih

  28. nugraha berkata:

    Pak untuk jenis
    bicolor harga nya berapa ?
    Marmorata harganya berapa ?

    Untuk Pembesaran dari ukuran 5 cm sampai dengan siap konsumsi ( 500 gram ) kira-kira berapa lama / bulan ?

    Trim’s

    Nugraha

  29. OKA WEDAYANA berkata:

    sy tertarik dgn info yg bapak sampaikan, mohon diberitahu mengenai harga bibitx per kg via bandara ngurah rai denpasar dan harga jual ikan sidat per kg, okawedayana@ymail.com, terimakasih

  30. kanghary berkata:

    saya tinggal di grobogan purwodadi jateng,ada akses/cabang yg dekat gak dengan tempat tinggal saya untuk beli bibitnya ?trims

  31. susanto berkata:

    berapa harga bibit siap tebar perkilogram,hp 081393220007 mohon dibalas

  32. Didik berkata:

    Sidat keliatanxa booming di thn2 akan datang

  33. Didik berkata:

    Mf pak bisa gak petani jombang inginnya ad kontrak kita mw mengembangkan di usaha kelompok kami,qt bs produksi sesuai keinginan jk ad kontrak,dikwtrkn qt bs produksi tp jwlnya tdk laku spt cacing dlu.mksh pak tomy

  34. Didik suprawito jbg berkata:

    Pak tomy tlg di kirim modul budidaya n analisa usaha ke alamat email kami,jbg siap jd mitra kerja p.tomy .kelp.minalestari jbg
    cs:(flxy)03217281676. IM3,085746355989.
    Email:Didiksuprawito@yahoo.com.
    thnks

  35. Didik suprawito jbg berkata:

    Lahan budidaya kami 5HA.
    sdh lama sy menggeluti usaha: (pembenih dan pembesaran) ikan gurami,lele,patin, puyuh,bekicot,tokek,kelinci,dan kami jg produksi terpal jumbo dgn segala ukuran bwt kolam dls.n sanyo (oboan)125watt output airnya bisa 2dim spt diesel dgn watt cm 125,
    mungkin pembaca bs bergabung n tukar pengalaman yg penting smuanya ada manfaatnya.
    Melihat usaha sidat pak tomy… kelp.budidaya kami sgt tertarik,dalam wkt dekat sdh sy siapkan lahan 1 sap khusus sidat.bagi sy usaha banyak yg penting bs berkembang pesat dan bs menciptakan lapangan kerja baru,bermanfaat bg diri sendiri,bagi keluarga n bagi msyarakat yg membutuhkan.thnks pak tomy atas info,ilmu n pngalamannya

  36. Jayeng berkata:

    Komunikasi lewat Gtalk bisa ga pak…?
    Biar lebih jelas pertanyaan dan jawabannya, terima kasih

  37. firman berkata:

    pak.. saya tertarik dengan usaha sidat..
    mau tanya klo pembesaran di kolam terpal bisa gak ? perlu sirkulasi udara atau tidak ? dan ukuran 2 x 3 x 1 m bisa di isi brapa benih sampe pembesaran ? untuk harga benihnya bisa di kirim via email. Dan untuk pemasarannya biasanya harganya brapa pa ? thks.

  38. didik berkata:

    pak konsumsi size 6 ons up apa hrganya jg lbh mahal?

  39. rian berkata:

    pak saya dari jember jawa timur dan ingin budidaya sidat.
    1. Ukuran berapa sebaiknya bibit ditebar ke kolam?
    2. Berapa harga bibitnya per Kg?
    3. Bisa nggak klo saya beli bibit dan dikirim ke jember?
    4. Berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal?
    5. Berapa lama pembesarannya hingga siap dipasarkan?
    6. Pemasarannya bgmn?
    7. Saat ini harga pasarannya berapa?
    8. kira2 berapa modal awal yang sebaiknya disiapkan untuk hasil optimal?

  40. syamsul berkata:

    pak saya dari cikarang dan ingin budidaya sidat.
    1. Ukuran berapa sebaiknya bibit ditebar ke kolam?
    2. Berapa harga bibitnya per Kg?
    3. Bisa nggak klo saya beli bibit dan dikirim ke cikarang?
    4. Berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal?
    5. Berapa lama pembesarannya hingga siap dipasarkan?
    6. Pemasarannya bgmn?
    7. Saat ini harga pasarannya berapa?
    8. kira2 berapa modal awal yang sebaiknya disiapkan untuk hasil optimal?

    trims,
    syamsul_bacri@yahoo.com

  41. lina berkata:

    pak, tolong emailkan harga bibitnya per/kg ya…thx u

  42. yusuf berkata:

    Pak saya dari jakarta dan ingin budidaya sidat.
    1. Ukuran berapa sebaiknya bibit ditebar ke kolam?
    2. Berapa harga bibitnya per Kg?
    3. Bisa nggak klo saya beli bibit dan dijual kembali ke Bpk?
    4. Berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal?
    5. Berapa lama pembesarannya hingga siap dipasarkan?
    6. Saat ini harga pasarannya berapa?
    7. mohon di kirimkan analisa budidaya sidat dari awal dan penjualan kembali kepada Bpk?
    8. Media kolam yang baik untuk membudidayakan sidat ( kolam semen or tanah )?
    9. lokasi Bpk di mana?
    10. Apakah saya dapat datang dan belajar dari Bpk untuk membudidayakan?

    saya tunggu jawabannya, terimakasih.

  43. U-ung berkata:

    Semua pertanyaan-2 yang ingin saya tanyakan sudah ditanyakan oleh orang-2 terdahulu (di atas).
    Pak saya minta tolong semua jawabannya di email ke saya juga ya… makasih

  44. hirzan berkata:

    salam kenal,,
    Saya dari lampung,
    di sungai sekeliling daerah kami sangat banyak ikan pelus yang dimaksud, mohon minta alamat yang jelas jika kami akan menjualnya,, tolong jelaskan bagai mana cara membawa ikan tersebut hingga sampai ditempat tidak cacat/kondisi baik.
    mohon harganya yang rinci.
    dan saya juga minta cara budi daya ikan tersebut biar panennya merata.

    tolong yaa pak secara rinci di jelaskan.
    terimakasaih

  45. hirzan berkata:

    salam kenal,,
    Saya dari lampung,
    di sungai sekeliling daerah kami sangat banyak ikan pelus yang dimaksud, mohon minta alamat yang jelas jika kami akan menjualnya,, tolong jelaskan bagai mana cara membawa ikan tersebut hingga sampai ditempat tidak cacat/kondisi baik.
    mohon harganya yang rinci.
    dan saya juga minta cara budi daya ikan tersebut biar panennya merata.

    tolong yaa pak secara rinci di jelaskan.
    terimakasaih

    irzan1@yahoo.com

  46. lulu berkata:

    Pak mohon info budidaya sidat, mulai dari pemesanan benih s.d pemasarannya. trims

  47. aris berkata:

    sidak bagus,, makanya kami ingin belajar berkembang biak tentang sidat.. kalau bisa kirimkan kami ahlinya dan keberadaan perusahaan kami d sumatera selatan palembang..

  48. Rizal berkata:

    Asalam,
    Pak saya rizal d yogyakarta..

    Saya mau tanya, untuk kolam dari tanah apa tidak bikin sidat kabur?
    Pasalnya saya ada kolam dan semuanya terbuat dari tanah,
    Mohon tanggapannya..

    Trimakasih

  49. engelia berkata:

    halo, saya tertarik untuk budidaya ikan sidat..gmana caranya. minimal ukuran kolam berapa m? cara buat kolam gmana? air kolam gmana?perawatan ikan sidat gmana?makanannya apa?beli dmana?thanks…..

  50. engelia berkata:

    o,ya modal utk pembuatan kolam,bibit,pakan+perawatannya kira2 brp ya?mahal gak? pemasarannya gmana?tlng dibalas di emailku ya:eng_8401@yahoo.com
    trimakasih sebelumnya…

  51. Wawan S berkata:

    Saya tertarik untuk budidaya sidat,.dan saya sekarang lagi butuh ikan sidat yang ukuran konsumsi, bisakah saya ambil ditempat bapak? Harga berapa? Bapak ada dimana?? Mohon infonya. Terima kasih.

  52. suli partono berkata:

    pak …salam kenal

    saya sebetulnya petani kalau lagi pulang kedesa…saya punya kolam nganggur 2 x 1x 1 m setelah saya baca blog bapak,jadi pingin isi dengan sidat,gimana saya dapat bibitnya tempat saya gombong kebumen…..kirim ke email saya suli@internationalanimalrescue.org

  53. nurdin yasilu berkata:

    apakah pemberian pakan sidat tiap hari atau ada selang waktu pak?

  54. anto berkata:

    nice info gan…

    mohon dikirim info dari awal sampai pemasarannya…
    terima kasih.

    email : kaliotik@gmail.com

  55. tossa berkata:

    Pak saya sangat tertarik dengan budidaya sidat ini, dan saya mempunyai lahan kosong sktr 200 m dan Semua pertanyaan-2 yang ingin saya tanyakan sudah ditanyakan oleh rekan2 yang lain.
    Maka, tolong semua jawabannya di email ke saya juga ya dan kalo bisa dengan nomor telp yang bisa dihubungi… makasih

  56. eman suherman berkata:

    mohon dikirim ukuran ideal untuk kolam sidat,,,dan gmn cara memesannya,,,juga ada pelatihannya ngga,,

  57. asruddin noer berkata:

    kalau di makassar, dimana bisa mendapatkan bibit dan berapa harganya..?

  58. dmrhtirto berkata:

    menarik budidaya ikan sidat? info lengkap/buku bacaan bisa didapat dimana?

  59. joni berkata:

    Maaf pak saya tertarik smua yg di ditulis disini( blog bapak) sebelumnya saya biasa ternak lele , kalau boleh tahu tempat pemasaran untuk ekspor dimana..atau yg bisa menampung hasil panenya ?

    trimakasih

  60. kukuh berkata:

    pak saya mahasiswa unair yg akan melekukan penelitian tentang sidat.yg saya tanyakan berapa panjang dan berat rata2 elver usia 4 bulan? dan kenapa pertumbuhan ikan sidat lambat? terima kasih sebelumnya. mohon bantuannya sangat.

  61. dyharyo berkata:

    Pak, cara memelihara sidat apa bisa di dalam Toren/Tong plastik ukuran 300 ltr ? dan apakah diperlukan pompa udara seperti ikan mas ?
    Terima kasih.

  62. rendi berkata:

    Saya tertarik dengan pertanyaan ini. tolong email saya!

    saya ada minat utk budidaya ikan sidat dan ada beberapa hal yg saya ingin tanya dulu :
    1. kolam yg di gambar ini ….x….. dan tingginya berapa ?
    2. bisa menampung berapa kg bibit sampai umur panen di kolam tsb ?
    3. berapa kg pakan dari usia bibit sampai panen di kolam tsb.
    4. apa lagi yg di perlukan di siapkan utk budidaya ini selain keterangan yg anda berikan di bawah gbr kolam ?.
    5.berapa harga benih sidat jenis marmota ukuran elver 15-40 cm dan ukuran Glass Eel ?
    6. dan berapa harga nantinya anda terima usai kami panen ?

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    johara001@gmail.com

  63. suyanto ng berkata:

    pak apa cirebon cocok buat ternak sidat?kalo kolam terpal perlu berapa meter x berapa? apakah bisa di indoor? di dalam rumah walet? apa butuh water blower? mohon petunjuk bapak?
    email:yantong1980@gmail.com

  64. boby oye berkata:

    pak klo? harga bibit sidat brp plus ongkir ke bandung? trim

  65. riyon berkata:

    pak,saya pemula tinggal di surabaya ,ingin mengetahui cara memelihara ikan sidat , dimulai belajar dari apa pak? apa ada tempat pelatihannya? terima kasih

    tolong pak informasinya di email saya riyon.yoyok@yahoo.co.id

  66. avidon berkata:

    seep! tolong kirim tatalaksana budidaya ikan sidat lengkap ya ? hehehe dari kecil ampek bisa dijual

  67. agromania berkata:

    Bongkar rahasia ternak ikan lele yang benar dari NOL.
    http://www.cdbudidayalele.co.cc

    081911857815

  68. ipni candra berkata:

    pak saya dipalembang dan tertarik dengan budidaya sidat tolong imfo pelatihannya ada nggak dikota saya,berapa harga bibitnya..

  69. Rizza Ramadhan berkata:

    Yth,
    Saya mohon di- email untuk budidaya ikan sidat…
    untuk pakannya apa sama dengan lele dan pembelian bibit dimana pak?
    lokasi kami di wonogiri Jateng.
    Terimakasih….

  70. tomi suhendri berkata:

    asslm-saya tomi dipadang sumatera barat
    saya sangat tertarik dengan budidaya sidat ini
    untuk itu saya butuh detail mengenai sidat ini pak
    1-kolam pemeliharaan
    2-bibit
    3-pemasaran
    4-pengepakan
    5-perhitungan keuntungan yg bisa didapat
    6-kendala2yg sering ditemukan …
    7 dipadang adakah relasi bapak yg telah berhasil atau sedang melakukan budidaya sidat ini pak alamatnya diman
    demikian dulu pak atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih

  71. bobby berkata:

    salam kenal bro.
    saya sangat berminat pada budidaya ikan sidat dan ingin mengetahui lebih banyak serta bekerja sama dengan saudara. dari informasi yang saya dapatkan dari tulisan/artikel/komentar di blog ini membuat saya lebih tertarik lagi untuk mengembangkannya. jika tidak terlalu merepotkan, besar harapan saya saudara dapat mengirimkan draft harga benih dan syarat kerjasama (khususnya pada pola pembelian hasil panen kembali)
    informasi tersebut bisa saya terima di email bobkeraskepala@yahoo.com
    terima kasih

  72. HENDRA berkata:

    tolong kirimkan penawaran harga sidat yang anda tampung
    untuk setiap beratnya, dari 100gram sampai 1kg per ekor thx

    alterego-bin@hotmail.com

  73. purnomo berkata:

    Maaf pak apa ada program kerjasama (kemitraan)usaha budidaya sidat ini di tempat pak tommy…. mohon bantuan contoh detail RAB budidaya sidat. Kl ada rekan2 yg mau bekerja sama mengembangkan budidaya sidat ini,bs hubungi sy d p.santoso76@yahoo.com. sy tunggu secepatnya….trimakasih.

  74. Mirza berkata:

    Salam kenal,
    Pak, saya sangat tertarik dengan bisnis ini.
    Bisakah saya juga minta informasi lebih detil soal bididaya sidat ini, sekalian dengan harga benih dan pakannya. Jika bapak sudah memiliki semacam hitung2an business plan-nya, dengan senang hati jika saya juga diinformasikan. Mohon dapat diemail saja ke mirza.ukail@gmail.com

    Terima kasih.

  75. septiliana berkata:

    saya mau tanya kalo mau beli ikan pelus atau moa yang ada di lampung tempatnya dimana, dan harga per kg nya berapa?
    tolong segera kirimkan jawabanya ke email atau fb saya.trimakasih

  76. septiliana berkata:

    harga moa dan tempat pembeliannya dimana?

  77. prie berkata:

    pak alamatnya dimana…. thx

  78. siti qomariah berkata:

    Pak saya dari jakarta dan ingin budidaya sidat.
    1. Ukuran berapa sebaiknya bibit ditebar ke kolam?
    2. Berapa harga bibitnya per Kg?
    3. Bisa nggak klo saya beli bibit dan dijual kembali ke Bpk?
    4. Berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal?
    5. Berapa lama pembesarannya hingga siap dipasarkan?
    6. Saat ini harga pasarannya berapa?
    7. mohon di kirimkan analisa budidaya sidat dari awal dan penjualan kembali kepada Bpk?
    8. Media kolam yang baik untuk membudidayakan sidat ( kolam semen or tanah )?
    9. lokasi Bpk di mana?
    10. Apakah saya dapat datang dan belajar dari Bpk untuk membudidayakan?

    11. Ukuran berapa sebaiknya bibit ditebar ke kolam?
    12. Berapa harga bibitnya per Kg?
    13. Bisa nggak klo saya beli bibit dan dikirim ke cikarang?
    14. Berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal?
    15. Berapa lama pembesarannya hingga siap dipasarkan?
    16. Pemasarannya bgmn?
    17. Saat ini harga pasarannya berapa?
    8. kira2 berapa modal awal yang sebaiknya disiapkan untuk hasil optimal?

    saya tunggu jawabannya, terimakasih.

  79. himawan berkata:

    mohon pencerahan daftar harga bibit sidat dan dimana alamatnya, thks

  80. ari berkata:

    berapa harga benihnya pak?? mohon infonya lebih rinci,.. trims
    berapa lama sampai siap panen??

  81. maragi berkata:

    Mohon info tentang budidaya sidat dan harga bibitnya, serta analisa keuangan bibit sidat

    Salam
    Maragi

  82. Probo Yuwono berkata:

    Mohon info tentang budidaya sidat dari harga bibitnya, dan perlakuan kolam, air serta pakan.dan penjualan pasca panen.
    terima kasih

    radjaningtetabuhan@yahoo.com

  83. Ariel berkata:

    Pak tolong krim almat anda atau cabang yang dijakarta timur.thx.

  84. riz berkata:

    TOLONG…harga •Fingerling, 5 gram (1 kg isi 200 ekor) minimum order 10 kg dan biaya kirim ke Kota Jambi.

    Terima Kasih
    Novrizal

  85. dheny berkata:

    saya ada minat utk budidaya ikan sidat dan ada beberapa hal yg saya ingin tanya dulu :

    1. berapa harga benih sidat jenis marmota ukuran elver 15-40 cm dan ukuran
    Glass Eel ?
    2. berapa harga nantinya anda terima usai kami panen ?
    3. saya minta analisis usahanya…

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Salam,,,,,
    tolong kirim ke email saya…
    bisnis_bento@ymail.com

  86. dheny berkata:

    saya ada minat utk budidaya ikan sidat dan ada beberapa hal yg saya ingin tanya dulu :

    1. berapa harga benih sidat jenis marmota ukuran elver 15-40 cm dan ukuran
    Glass Eel ?
    2. berapa harga nantinya anda terima usai kami panen ?
    3. saya minta analisis usahanya…

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Salam,,,
    tolong kirim ke email saya…
    bisnis_bento@ymail.com

  87. kopmitra berkata:

    Saya tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang budidaya ikan sidat ini. Kalau untuk daerah Bandung dan sekitarnya, cocok tidak? Atau lebih bagus kalau di daerah panas?

  88. faried davidson berkata:

    Salam Sukses…Pak Tommy, Saya sangat tertarik dengan budidaya ikan sidat, yang
    ingin saya tanyakan adalah sbb:

    1. Dimana alamat lengkap bapak ? ( mungkin bisa belajar dari apa yang saya lihat
    di tempat usaha bapak )
    2. Price List benih sidat dan klasifikasinya.
    3. Bagaimana cara pembayaran dan pengirimanya ?
    4. Berapa harga per kilogram pelet sidat? dimana saya bisa dapatkan?
    5. Untuk sekarang berapa harga per kilogram bapak terima hasil panen dari
    pembudidaya?

    Sementara itu dulu yang ingin saya tanyakan, sangat terima kasih sekali bila
    email saya ini di balas dg rinci.
    karena saya penggemar berat daging sidat, dan ingin sekali( sangat SERIUS )
    ingin budi daya sidat.

    Terima kasih
    Sekian dari saya

    Faried davidson

    Hp : 081358344444
    BANYUWANGI

  89. Muh. Agyl PradaNa berkata:

    Yth,
    Pak saya tinggal di Sulawesi Selatan, apakah Sidat cocok iklim d sini u/ budidaya dan mohon bantuannYa cara budi daya sidat.
    Makasih

  90. bambang W berkata:

    Dear,
    mohon info unutk budidaya sidat (pembesaran) kita budidayakn dikeramba apung di laut bagaimana ? mohon penecerahannya.

  91. ROBBY berkata:

    pak tolong informasi harga bibit per kilo itu berisi ikan siadat berapa n harga jualnya berapa per kilo…
    kirim ke email saya

  92. rila berkata:

    Saya punya lahan kosong 20×30 apakah bisa untuk budidaya sidat?
    Berapa besar kolam semen yg dibutuhkan untuk sidat tsb?
    Bagaimana cara pengairannya di kolam semen?
    Bagaimana cara pemasarannya nanti setelah panen?
    Dimana saya bisa mendapatkan benih sidat?
    Berapa rincian harga sidat tsb?
    Tolong email saya.Trims

  93. sudarsono berkata:

    apakah sidat bisa dipeliahara di kola terpal???

  94. sudarsono berkata:

    apakah sidat bisa dipelihara di kolam terpal??minimal ukuran berapa kali berapa dan tinggi air minimal berapa. Trims

  95. ridwan berkata:

    pak,,sy tertarik mau usaha ternak ikan sidat,,krn sy baru selesai kuliah,,tp blm mendapatkan pekerjaan.
    yang ingin saya tanyakan apa prospek kedepannya berternak sidat menjanjikan??atau cuma musiman saja..!!!
    tolong berikan rincian semua’a ya pak dr cara mendapatkan bibit yang berkualitas, bagaimana cara pembesarannya, penangkaran yang baik seperti apa,,dan harga jual’a bagaimana agar aku bisa pelajari dlu sebelumnya,,!!
    tolong kirim via email rinciannya tersebut..

  96. casmadi berkata:

    pak saya minta harga benih ikan sidat
    termakasih atas informasinya

    casmadi cirebon

  97. Nono berkata:

    Pak, utk ikan sidat ini ada program kemitraan ga ? kalau ada mohon kirim info tata caranya ke saya, minta info jg pemasaranya kemana.. email saya = nono_triono@yahoo.com
    Trim’s

  98. darwin berkata:

    Pak saya dari jakarta dan tertarik untuk budidaya sidat, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan sebagai berikut:
    1. Apakah Sidat dapat dibesarkan dikolam terpal?
    2. Ukuran berapa sebaiknya bibit ditebar ke kolam apakah eel glass atau sudah elver serta berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal??
    3. Apa perbedaan antara bicolor dengan marmorata? sebaiknya jenis apa yang harus saya budidayakan?
    4. Berapa harga bibitnya per Kg masing2 jenis untuk pengiriman ke daerah jakarta?
    5. saya lihat dari tulisan diatas, bapak menerima kembali benih yang dibeli dari bapak, apakah ada persyaratan pembesarannya supaya diterima kembali oleh bapak setelah mencapai ukuran konsumsi & berapa harga penerimaan kembalinya?
    6. Berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal?
    7. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai ukuran konsumsi dari glass eel?
    8. Apakah bapak juga menyediakan pakannya? jika iya, berapa harganya?
    9. berapa proporsi pakan yang harus diberikan dibanding berat badan & perbandingan konversi pakan terhadap pertumbuhan benih?
    10. apakah boleh mohon di kirimkan analisa budidaya sidat dari awal dan penjualan kembali kepada Bpk?
    Thanks n regards,

    Darwin hung

  99. suprayitno berkata:

    halo pak..aku dh 3 thn di kolam sidat dan sampai sekarang masih lanjut..kolam yg aku jaga ukuran 30 x 50 m,ada 8 kolam..dan aku di taiwan.aku cuma ingin tanya sama bpk,emang di indo harga 1 kg bibit berapa harga???terimakasih

  100. bambang irawan berkata:

    Siang Pak,

    saya ada minat utk budidaya ikan sidat dan ada beberapa hal yg saya ingin tanya dulu :
    1. kolam yg di gambar ini ukurannya berapa ?
    2. bisa menampung berapa kg bibit sampai umur panen di kolam tsb ?
    3. berapa kg pakan dari usia bibit sampai panen di kolam tsb.
    4. apa lagi yg di perlukan di siapkan utk budidaya ini selain keterangan yg anda berikan di bawah gbr kolam ?.
    5.berapa harga benih sidat jenis marmota ukuran elver 15-40 cm dan ukuran Glass Eel ?
    6. dan berapa harga nantinya anda terima usai kami panen ?

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Salam,
    bambang irawan

  101. andri pramono berkata:

    jika pemeliharaan sidat di kolam warna hijau lumut, apa perlu pembersihan kolam secara bertahap?? berapa harga bibit sidat/pelus utk 1kg ??

  102. Om Pandi berkata:

    Salam sukses selalu…

    Butuh berapa lama untuk penyesuaian pakan buatan dari bibit yang baru datang untuk ukuran bibit sekilo isi 20 Ekor ? pakan yang diapaki merek apa ? apakah bisa menggunakan pelet udang ?

    terimakasih.

  103. Gun berkata:

    Pak,dimana saya bisa belajar berternak ikan Sidat..? Saya sangat tertarik,trim”s

  104. st.yadi berkata:

    Bos Tolong Kirimi harga per Kg dan isi berapasera jenisnya ….ke email saya trims…

  105. hafidz berkata:

    Salam…bisa minta tutorial pemeliharaan sidat….makasih…
    ini email saya: canfidz@gmail.com

  106. teguh wibowo berkata:

    pak saya mau beli bibit sidat berapa harganya perkilo?

  107. iwan berkata:

    Met siang,
    Maaf pak Tommy,
    – apakah sidat bisa di budidayakan dalam wadah drum ? bagaimana caranya ?
    – dalam 1 drum bisa berapa kilo bibit sidatnya
    – bagaimana pemasarannya
    Tolong balasannya ke email saya ya pak, saya sangat tertarik tapi kendalanya tidak punya lahan, jadi saya mo pakai drum .

    terima kasih

  108. Yudha P Mms berkata:

    Salam Sukses dan Salam kenal ya Pak, Klw boleh tau berapa harga bibit ikan sidat, untuk wilayah jawabarat ongkos kirim nya berapa bdan berapa hari bibit sidat bisa bertahan dalam plastik selama pengiriman ke tempat tujuan…mohon blsn “trmksh”

  109. eri berkata:

    brp minimal ukuran kolam yg diperlukan utk pembesaran, tolong minta alamatnya dong….

  110. januddin berkata:

    saya dari selawesi selatan kebetulan budidaya ikan sidat di daerah saya belum ad
    maka saya bermint untuk kembangkan..
    maka dari itu saya mohon petunjuk ato arahan dari bapak
    yg pertama luas kolam yg di butuhkan u/ ikan sidat brp..??
    kondisi air yg di sukai seperti apa
    apa kolan terpal.karamba, lumpur memerlukan kondisi air yg berbeda
    kira2 brp estimasi biaya dalam bdidaya ikan sidat smpe bisa panen
    kira2 brp luas kolam yg di butuhkan u/menghasilkan 1 ton/1x panen

    terima kasih banyak

    januddin
    085399099722
    wajo
    sulawesi selatan

  111. Mulyawan berkata:

    salam kenal pak Tomi, saya sedang berminat dgn budi daya sidat ,.kebetulan kolam betonya sudah ada dgn ukuran 2x1x1m ada 4 buah,..kemudian saya tertarik dgn pertanyaan salah satu rekan diatas
    sbb:
    1. bisa menampung berapa kg bibit dari umur brp s/d panen di kolam tsb ?
    2. berapa kg pakan dari usia bibit sampai panen di kolam tsb.
    4. apa lagi yg di perlukan di siapkan utk budidaya ini selain keterangan yg anda berikan di bawah gbr kolam ?.
    5.ukuran berapa yg siap dipanen dan berapa lama dari masa bibit?
    5.berapa harga benih sidat jenis marmota ukuran elver 15-40 cm dan ukuran Glass Eel ?
    6. dan berapa harga nantinya anda terima usai kami panen ?
    7.bagaimana cara pengirimannya?

    tolong dijawab via email ya pak

    terima kasih
    Mulyawan

    terimakasih

  112. idnawijaya berkata:

    pak, bisa di pm untuk harga benih sidatnya yg detail, saya petani ikan dari bali….utk pengiriman ke bali bisa khan pak?? kami ada kelompok tani….sangat berminat budidaya sidat…mohon di info, artikel2 sudah saya kumpulkan sebagai acuan….trus utk info pemasaran bagaimana?? tks sebelumnya….idna

  113. muncyin berkata:

    pak,saya dari kaltim…saya sangat tertarik sekali budidaya sidat..
    saya mempunyai lahan yg cukup luas kurang lebh8hk ex tambak udang windu..
    kemungkinan besar ini bisa di alih fungsikan untuk budidaya sidat..mohon info nya agar kita bisa bekerja sama tnks

  114. ipul berkata:

    pak,saya punya dg ukuran sekitar ban motor gede kira2 bisa laku berapa kalau dijual…
    Alamat bapak dimana?kl mau beli bibitnya sama bapak transaksinya gemana?harga bibitnya berapa?harap dibalas

  115. hamim berkata:

    bos minta alamat lengkapnya donk? suwun

  116. hamim berkata:

    bos minta alamat lengkapnya donk, ane mo mampir ke malang? suwun.

  117. kurniawan berkata:

    pa saya minta info harga bibit sidat buat pemula ukuran 20cm /kg brpa ya?dan pakan /kg juga,mohon info ke email sy,makasih

  118. musehoni berkata:

    saya musehoni, dari cilacap alamat lengkap: Musehoni RT 06 RW 02 Cipari kec. Cipari, kab. Cilacap, Jawa Tengah. Saya sangattertarik dengan Budidaya Ikan Sidat,,,Saya Butuh Bibit,,,klo bisa dikirim ke Almat saya dan Rincian Harganya bibit per paket berapa? Tlpn: 0821 14023 777

  119. Rian Tio berkata:

    pak tommy sy sdh ada kolam untuk budidaya sidat tetapi msh kesulitan mendapatkan bibitnya, sy ada d wonosobo jawa tengah. sy minta alamatnya pak?

  120. elian berkata:

    berapa lama masa pemeliharaan dan padat tebar dalam 1m untuk ukuran 5 gram ke 50 gram dan juga dari ukuran 50 gram sampai 250….

  121. Afri berkata:

    saya ada minat utk budidaya ikan sidat dan ada beberapa hal yg saya ingin tanyakan
    1.berapa harga benih sidat jenis marmota ukuran elver 15-40 cm dan ukuran Glass Eel ?
    2. dan berapa harga nantinya anda terima usai kami panen ?

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  122. septi herganda berkata:

    pak dari kecil sy suka sekali penggemar makan moa/sidat,
    tolong email ke sy informasi secara detail alias lengkap dari mulai penyiapan koloam yg baik, beli bibitnya dimana, serta cara pemeliharan yg baik bagai mana? terima kasih

    hormat sy,

    septi.

    • tmhudd1 berkata:

      Cara pemeliharaannya tidak jauh beda dengan lele. Kolamnya pun sama. Mengenai bibit bisa kami kirimkan ketempat anda atau bisa anda ambil sendiri kekantor.
      Keterangan lanjut email saja ke tmhudd1@gmail.com

      • fajar berkata:

        salam sejahtera,.pak saya berminat tentang budidaya sidat,saya berlokasi di bandung,yg saya ingin tau,bera harga bibit sidat/kg nya,dan saya bisa mendapat kan nya di mana.?tlng info nya di share ke email saya,ya pak,fajarkristanto@gmail.com makasih..

  123. aqil berkata:

    saya tertarik dg budidaya sidat,tapi dimana saya bisa dapat bibitnya?,dan brp kisaran harganya ,saya di sidoarjo.trimakasih atas infonya,

  124. krisna adhi berkata:

    sya berasal dri bali,,,,
    sya berminat membudidayakan ikan sidat….
    ini alamat email sya
    dewa_sanjaya23@yahoo.com

    mhon ajaran dan ilmuNya.
    terima kasih.

  125. willim wilianto berkata:

    Saya tertarik akan budi daya ikan sidat, akan tetapi masih awam mengenai ini, mis : perlu lahan brp luas, bisa tampung brp bnyk, sistem pemeliharaan, besar modal, trims.

  126. arief berkata:

    pak kalau mau buat kolam sidat di ruangan tertutup bisa ga ?

  127. udin berkata:

    pak berapa harga bibit moa dan berapa minimal harus ambil

  128. tovik kebumen berkata:

    salam kenal mas, harga bicolor untuk sampai jakarta berapa mas? boleh ga kita kerja sama untuk pemasaranya mas?

  129. savrina berkata:

    berapakah harga jual sidat per kg?

    balasan tlong kirim ke nomor
    082142587373

    terima kasih,

  130. toto berkata:

    saya dari medan pak,
    bagaimana saya mendapatkan informasi detail mengenai budidaya sidat ini
    berapakah harga bibit sidat setiap jenis /kg
    bagaimana pemasaran setelah panen?
    thx b4

  131. Edy berkata:

    Sy domisili di Bandung, kalo sy beli bibit dari bpk bgmn teknis pengirimannya, ukuran brp berat minimal yg akan bpk tampung, bgmn tehnik panennya? Apakah pihak bpk akan dtg ketempat sy, brp harga beli dari bpk, sy dpt info kalo sidat diberi pakan pelet pasar luar ga mau terima, mrk hanya terima yg diberi pakan keong mas & sejenisnya, apakah selama pemeliharaan akan dipantau dr pihak bpk supaya pertumbuhan nya optimal, mohon penjelasan, trmksh.

  132. Longfin EEl berkata:

    pm harga sidat untuk yg 1 kg isi 20 ekor….

  133. imam kusmanto berkata:

    Pak Tomy untuk budidaya Sidat cocok nya dihawa panas atau hawa dingin…..kaya di Puncak tks

  134. heru sudibyo berkata:

    Pak, saya pemula dan pensiunan ingin belajar beternak dan usaha di rumah. Sudah cari bukunya tp tdk ketemu.
    Mohon alamat tempat usaha bapak.
    Domisili saya di Bogor.
    Terima kasih.

  135. Sassyaah Sedap berkata:

    Dear tmhudd1,

    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai kolam tempat pemeliharaan sidat?
    Saya akan sangat berterima kasih jika bisa diberikan info dari blog ini maupun langsung ke email japri saya di 20112011sas@gmail.com.

    Berikut ini adalah pertanyaan saya :

    1. Menurut informasi mas tmhudd1, kolam dengan ukuran 2 x 1 x 1 m3 cukup untuk maksimal 200 ekor sidat. Jika boleh diinfokan, 200 ekor ini dalam ukuran apa ya mas (elver, glass eel, fingerlings)?

    2. Lalu kolam dengan ukuran 2 x 1 x 1 m3 tersebut dapat digunakan untuk 200 ekor sidat hingga ukuran seberapa besar atau dapat digunakan untuk membesarkan sidat dari ukuran apa hingga ukuran apa?

    3. Jika melakukan pembesaran sidat dengan kolam ukuran 2 x 1 x 1 m3, kira-kira nantinya dapat memanen berapa kg atau berapa ekor sidat dalam ukuran apa?

    Mohon jika tidak keberatan dapat diberikan jawaban dengan detil (boleh via japri saya), karena saya sangat membutuhkan gambaran mengenai kapasitas kolam minimal untuk melakukan pembesaran sidat yang dapat memberikan cukup keuntungan.
    Sehingga saya sangat membutuhkan info bahwa kolam dengan ukuran 2 x 1 x 1 m3 itu dapat untuk membesarkan berapa kg/ekor sidat hingga ukuran apa, lalu nantinya dapat memanen berapa kg/ekor sidat dengan menggunakan kolam dengan ukuran 2 x 1 x 1 m3 tersebut?

    Begitu kiranya pertanyaan dari saya.
    Untuk perhatian dan jawabannya saya mengucapkan terima kasih banyak sebelumnya.
    sukses terus untuk mas tmhudd1.

    Salam sidat-ers.

  136. YARMAN EFFENDI berkata:

    waktu masih kecil saya suka memancing sidat (Plus)
    ada yang kecoklatan dan agak biru muda gitu.
    Pertanyaan saya : apakah sidat itu ada jenis2nya dan apakah ada ada yang lebih baik (unggul) dari yg lainnya?
    terima kasih

  137. zulfi berkata:

    pak tomy tlg spesifikasi harga sidat u emuakelas dan perhitungan biaya produksi?

  138. jhaja berkata:

    pak saya mau info alamat bapak,harga bibit sidat, pakan nya apa,kolam nya bagai mana dan pemeliharaan nya…terima kasih pak mohon di balas ”

  139. VIC berkata:

    Pak saya dari Jember Jawa Timur dan ingin budidaya sidat.
    1. Ukuran berapa sebaiknya bibit ditebar ke kolam?
    2. Berapa harga bibitnya per Kg?
    3. Bisa nggak klo saya beli bibit dan dijual kembali ke Bpk?
    4. Berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal?
    5. Berapa lama pembesarannya hingga siap dipasarkan?
    6. Saat ini harga pasarannya berapa?
    7. mohon di kirimkan analisa budidaya sidat dari awal dan penjualan kembali kepada Bpk?
    8. Media kolam yang baik untuk membudidayakan sidat ( kolam semen or tanah )?
    9. lokasi Bpk di mana?
    10. Apakah saya dapat datang dan belajar dari Bpk untuk membudidayakan?
    11. Bisa nggak klo saya beli bibit peasan pada bpk
    12. Pemasarannya bgmn?
    13. kira2 berapa modal awal yang sebaiknya disiapkan untuk hasil optimal?
    14. berapa rata rata ukuran sidat siap panen

    mohon jawabannya pak.terima kasih! vjchakep@gmail.com

  140. iqbal berkata:

    saya ingin bertanya tntng pakan sidat, 1. pakan untuk bayi sidat yang masih putih. yg paling cocok apa.? 2.untuk ukuran sidat sedang dikasih apa.? 3.untuk sidat dewasa pakan nya apa.?
    mohon jawaban nya pak. terimakasih

  141. Arif Budiman berkata:

    berapa harga sidat untk ukr konsumsi……?

  142. RM Edhie Munantiyo berkata:

    Saya ada lahan di Nagrek yg saat ini sedang ternak lele sangkuriang. Sisa lahan akan untuk ternak ikan sidad. Mohon petunjuk tata cara pembelian bibit sd pemasaran. Terima kasih.

  143. sarif saleh berkata:

    apakkah sidak masih bgs pangsa pasarnya,didaerah kami dimaluku utara sidat dari tangkapan alam cukup banyak

  144. fitra berkata:

    slm kenal pak, sy d lampung n tertarik sekali, tp d lmpung kurang informasi yg jls, minta no yg bs d hubungi dong.
    Hp. 085788810233

  145. Abdulah Chamid berkata:

    Salam pak. Saya di kendari, mohon analisa budi daya dan kemitraan dari bapak, tks
    abdulahchamid@yahoo.co.id, lelelandono@gmail.com

  146. andi herry berkata:

    kami menyediakan sidat berbagai ukuran silahkan telp/sms ke 088806603408 / 085729906818
    HARGA MURAH langsung dari petani
    terima kasih

  147. Agustian berkata:

    Saya mau cari yang mau beli ikan zidat.

  148. bambang triono berkata:

    Bos bisa mnta alamt nya dan harga kilonya bibit berapa ?aku butuh lumayan bayar kes,

  149. dony berkata:

    saya ingin mengetahui secara detail mengenai budi daya prospek dan hambatan atau kendala yang dapat terjadi dari budi daya sidat,dan apakah ada perbedaan perlakuan budi daya jenis anguilla bicolor/mamottara itu sendiri pak.
    brp lama waktu ideal budi daya ini hingga potensi untuk dipanen,dan bagaimana teknis penjualan kepada bapak sendiri nantinya,tq.

  150. Galih Rusandy berkata:

    Pak saya dari jakarta dan ingin budidaya sidat.
    1. Ukuran berapa sebaiknya bibit ditebar ke kolam?
    2. Berapa harga bibitnya per Kg?
    3. Bisa nggak klo saya beli bibit dan dijual kembali ke Bpk?
    4. Berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal?
    5. Berapa lama pembesarannya hingga siap dipasarkan?
    6. Saat ini harga pasarannya berapa?
    7. Apakah bisa budidaya sidat memakai terpal?
    8. Media kolam yang baik untuk membudidayakan sidat ( kolam semen or tanah )?
    9. lokasi Bpk di mana?
    10. Apakah saya dapat datang dan belajar dari Bpk untuk membudidayakan?

    saya tunggu jawabannya ke-Email saya galih234cipto@gmail.com.
    Terimakasih.

    Galih

  151. arai berkata:

    - apakah bisa diternakkan di kolam terpal pak?
    – berapa harga bibit / kilo? 1 kilo isi berapa?
    – berapa harga jual pasca panen?

    saya berminat tapi dikarenakan informasi yang minim saya nggak tahu, mohon infonya di araibudikusuma@gmail.com

  152. iwanumar berkata:

    saya ingin bergabung,apakah bapak siap memberi pelatihan buat kami,serta pemasarannya????

  153. sugeng Prihanto berkata:

    saya di kalimantan timur.tertarik budidaya sidat.tersedia kolam 100 buah ukuran rata rata 7 x 10.mohon informasinya.no hp.081347180522.sugeng.pupuk20@gmail.com.terima kasih.

  154. hus berkata:

    Pak saya dari lumajang Jawa Timur dan ingin budidaya sidat.
    1. Ukuran berapa sebaiknya bibit ditebar ke kolam?
    2. Berapa harga bibitnya per Kg?
    3. Bisa nggak klo saya beli bibit dan dijual kembali ke Bpk?
    4. Berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal?
    5. Berapa lama pembesarannya hingga siap dipasarkan?
    6. Saat ini harga pasarannya berapa?
    7. mohon di kirimkan analisa budidaya sidat dari awal dan penjualan kembali kepada Bpk?
    8. Media kolam yang baik untuk membudidayakan sidat ( kolam semen or tanah )?
    9. lokasi Bpk di mana?
    10. Apakah saya dapat datang dan belajar dari Bpk untuk membudidayakan?
    11. Bisa nggak klo saya beli bibit peasan pada bpk
    12. Pemasarannya bgmn?
    13. kira2 berapa modal awal yang sebaiknya disiapkan untuk hasil optimal?
    14. berapa rata rata ukuran sidat siap panen

    mohon jawabannya pak.terima kasih! lintangaelah@yahoo.com

  155. hus berkata:

    iya semisal pake kolam terpal bagaimana pak???

  156. indra gunawan berkata:

    mohon penjelasan

  157. indra gunawan berkata:

    mohon balasan penjelasan tentang jenis macam ukuran dan harga bibit dan pengiriman saya di banyuwangi jawa timur

  158. reza berkata:

    tanya om ,, kalo udah ada ikannya pemasarannya kemana?
    kalo ke jepang kan nota bene butuh biaya ga sedikit om. link juga ga ada om. kalo daerah saya, ga ada yang kenal sama sidat, tahunya ikan belut om:)
    tolong di jawab ya om

    sekarang kan udah 2012, om gimana menurut om ke depannya bisa sampe 2013 ato bahkan lebihkan trend ikan sidat ini?

    email saya 1ajahistory@gmail.com

  159. khoirul berkata:

    assalamualaikum……………

    untuk dpat kan bibit bgaimna dan hrganya brpa, trus untuk hasil panenya ada yang tampung gak….

    mohon balasanya di airil.anam@gmail.com

    terimakkasih…..

  160. kristiker manik berkata:

    pak saya di daerah kabupaten pakpak bharat …sumatre utara

    dan saya tertarik dengan budidaya ikan sidat ini …

    berapa harga bibittt ikan sidat/kg dan peraatan yang di butuhkan

    tolong kirim ke @ m_kristiker@yahoo.com

  161. suroto berkata:

    Berarti moa cocok di lingkungan air tenang/rawa ya?berarti sama kaya kolam gurami dunk.harga sidat isi 4-5 ekor/kg berapa ya?

  162. Richard berkata:

    Saya tertarik dengan budidaya ikan sidat. Hasil panen sampai ke tempat bapak, harganya berapa? tolong detail harganya pak. Terima kasih

  163. anang berkata:

    mhn pcrahan budidaya sidat..mt info alamat bpk..mt tlg di email ke..anangardianto76@yahoo.com , …trm ksh

  164. julius agus berkata:

    Pak saya mau mulai budidaya sidat, pls pak kemana saya bisa dapat buku panduan lengkap tentang penggemukan sidat dari finger elver sampai dengan 100 gr, 200 gr dst,
    Dari penggemukan, dari bibit sampai panen , dimulai dari pemeliharaan , panen , pasca panen , permasaran/jual , perhitungan rugi/laba , serta kendala2 yang harus kita hadapai serta cara mengatasi kendala tsb.
    Atas informasi nya saya haturkan terimakasih
    email saya : juliusagus01@hotmail.com , juliusagus08@gmail.com
    Salaaaammmm.

  165. isyak mulyana berkata:

    pak,alamat anda ada di mana?

  166. anie syahrani berkata:

    pak klo pemesanan bibit sidat di area jatim yg terdekat di daerah mana ya pak, pak klo boleh tlong di inbok ke email sya girls.annie@ymail.com atw sms ke no hp sy 085796588945

  167. anie syahrani berkata:

    klo ikanx langsung berinteraksi degan tanah(tambak) gmna pak ya perkembangan ikannya bagus atw nga’ apa tidak lari keluar kyak belut ya pak soalx di tempat sya daerah tambak trus bapak bisa nyediain nga bibitx di sekitar daerah sya mohon pencerahannya>> Lamongan JATIM
    skalian klo pak tomy nga keberatan sya minta no hpx tlong di sms ke no hp sya ya pak 085796588945

  168. mahfuri berkata:

    saya berdomisili di semarang dan sangat tertarik untuk budidaya sidat,,mohon dengan sangat bantuannya dan tolong saya d beri contact person supaya saya bisa sharing…
    email saya phoerie19@gmail.com

  169. truno berkata:

    Dimana Alamat kantor/lokasi budidaya sidat yg. Bapak kelola? Saya mau beli bibitnya.trimakasih

  170. elisa berkata:

    pak, saya minta untuk mebudidaakan ikan sidat bisa saya dapat info mengenai pelatihan pemeliharaan ikan sidat & dimana saya dapa tmenjual hasil produksi ikan sidat tersebut. atas informasinya saya ucapkan terima kasih.
    email saya: love_peace2000_2005@yahoo.com
    thanks

  171. Andri Prista berkata:

    Pak Tommy, saya masih pemula dalam pembesaran sidat, bisa minta ke Bapak detail cara budidaya sidat yang benar dari ukuran glass eel sampai ukuran konsumsi 500 gr up, kalau bisa ini alamat email saya Pak. “andriprista@rocketmail.com” Terima Kasih Pak Tommy.

  172. mikael berkata:

    1. Ukuran berapa sebaiknya bibit ditebar ke kolam?
    2. Berapa harga bibitnya per Kg?
    3. Bisa nggak klo saya beli bibit dan dijual kembali ke Bpk?
    4. Berapa kepadatan yang baik untuk pertumbuhan optimal?
    5. Berapa lama pembesarannya hingga siap dipasarkan?
    6. Saat ini harga pasarannya berapa?
    7. mohon di kirimkan analisa budidaya sidat dari awal dan penjualan kembali kepada Bpk?
    8. Media kolam yang baik untuk membudidayakan sidat ( kolam semen or tanah )?
    9. lokasi Bpk di mana?
    10. Apakah saya dapat datang dan belajar dari Bpk untuk membudidayakan?
    11. Bisa nggak klo saya beli bibit peasan pada bpk
    12. Pemasarannya bgmn?

    13. kira2 berapa modal awal yang sebaiknya disiapkan untuk hasil optimal?
    14. berapa rata rata ukuran sidat siap panen
    mohon balasan y di email : kilua_mikael@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s