Budi Daya Ikan Sidat Peluang Ekspor yang Sangat Menggiurkan

Jakarta – Ikan sidat (Anguilla sp) mungkin tidak dikenal oleh banyak orang di sini. Tapi, di berbagai negara ikan sidat jadi makanan primadona yang harganya sangat mahal.

Ikan sidat adalah sejenis belut, namun bentuknya lebih panjang dan besar. Ada yang mencapai 50 cm. Memang tidak enak dilihat. Tapi siapa sangka, konsumen asing menganggap cita rasa ikan sidat enak dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kalau di restoran Jepang, ikan ini sebutannya Unagi.
Kandungan vitamin A mencapai 4.700 IU/100 gram, sedangkan hati ikan sidat lebih tinggi lagi, yaitu15.000 IU/100 gram. Lebih tinggi dari kandungan vitamin A mentega yang hanya mencapai 1.900 IU/100 gram.
Bahkan kandungan DHA ikan sidat 1.337 mg/100 gram mengalahkan ikan salmon yang hanya tercatat 820 mg/100 gram atau tenggiri 748 mg/100 gram.
Sementara kandungan EPA ikan sidat mencapai 742 mg/100 gram, jauh di atas ikan salmon yang hanya 492 mg/100 gram dan tenggiri yang hanya 409 mg/100 gram.
Teknologi budi daya masih baru di Indonesia. Budi daya ikan sidat di Indonesia baru ditemukan sekitar tahun 2007 oleh Satuan Kerja Tambak Pandu Karawang, yang merupakan UPT Ditjen Perikanan Budi Daya, Departemen Kelautan dan Perikanan. Padahal ikan sidat sudah cukup lama dibudidayakan di Jepang dan Thailand. Asal tahu saja, pengembangan budi daya kedua negara menggunakan benih dari Indonesia.
“Melihat permintaan pasar dunia yang sangat besar mendorong kami untuk melakukan penelitian budi daya ikan sidat,” kata Kepala Satuan Kerja Tambak Pandu Karawang Made Suitha.
Sidat kini menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat besar. Ekspor ikan sidat terutama ke Macau, Taiwan, Jepang, China dan Hongkong. Potensi pasar negara lain yang belum digarap antara lain Singapura, Jerman, Italia, Belanda dan Amerika Serikat.
Peluang ekspor dari Indonesia kian terbuka lebar. Produksi ikan sidat dari Jepang dan Taiwan mulai terbatas karena kekurangan bahan. Kedua negara otomatis mengurangi ekspor, sedangkan produksi ikan sidat dari China diketahui menggunakan zat kimia.
Negara produsen ikan sidat akhirnya mencari alternatif pasar benih, termasuk dari Indonesia. “Tapi Indonesia tidak akan menjual benih, lebih baik dikembangkan di sini sehingga investor dari luar juga datang,” tegas Made.
Harga ikan memang sangat menggiurkan. Harga di tingkat petani ikan sidat untuk elver dengan harga jual antara Rp. 250.000/kg. Untuk ukuran 10-20 gram berkisar antara Rp 20.000-Rp 40.000/kg, sedangkan ukuran konsumsi >500 gram untuk jenis Anguilla bicolor pada pasar lokal rata-rata Rp 75.000/kg; jenis Anguilla marmorata Rp 125.000-Rp 175.000/kg.

Bantuan Teknologi
Pengembangan budi daya ikan sidat di Pandu Karawang sangat berhasil. Made mengungkapkan bahwa harga ikan yang cukup tinggi menarik masyarakat untuk membudidayakan ikan sidat. Bahkan Pandu Karawang siap memberikan bantuan dalam bentuk teknologi budi daya bagi masyarakat yang ingin berwirausaha. Saat ini, beberapa kelompok masyarakat melakukan pembudidayaan ikan sidat di tambak Pandu Karawang, namun juga ada yang perorangan.
“Kami menyediakan lahan yang bisa disewa maksimal dua tahun. Setelah itu mereka harus mandiri, untuk memberi kesempatan pada masyarakat lain yang ingin belajar budi daya ikan sidat,” jelas Made.
Budi daya ikan sidat relatif tidak sulit. Apalagi rasio hidup sangat tinggi, sekitar 90 persen, karena punya data tahan kuat terhadap penyakit.
Made mengemukakan, lamanya budi daya ikan sidat tergantung ukuran benih. Dia mengatakan, paling banyak yang dibudidayakan adalah ukuran 200 gram untuk menghasilkan panen ukuran > 500 gram. Lama budi daya maksimal lima bulan.
Tingkat produktivitasnya juga cukup bagus. Untuk satu ton benih, diperkirakan bisa menghasilkan 5 ton ikan sidat. Sekarang, semakin banyak investor yang berkeinginan membudidayakan ikan sidat, sebab, budi daya ikan sidat dipastikan menguntungkan. Tertarik?

Oleh
Naomi Siagian

Sinar Harapan

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

79 Balasan ke Budi Daya Ikan Sidat Peluang Ekspor yang Sangat Menggiurkan

  1. Vita berkata:

    Sy tertarik dgn bisnis budidaya ikan sidat. Mhn info dimana sy bs membeli benih dan info hrg benih. Tq

  2. wowo berkata:

    apiik..apik..gmn tuch biar kita bs pasarin ke jepang?ada semacam asosiasi ga?sy ex magang jepang pny niat pengin ekspor,krn ada sdkt kendala dgn item brng..mgkn dgn item sidat bs mnembus pasar ke jepang,mhn info yaa.arigatoo.

  3. sjamsoel aman berkata:

    tolong saya dikasih info. siapa tahu di sekitar saya juga banyak yang pengin budidaya sidat. di mana bisa dapat benihnya dan harganya sekalian. trims

  4. Fajar bagus berkata:

    di wilayah saya banyak terdapat sidat tetapi tidaktau kemana harus memasarkannya. Saya butuh info mengenai harga sidat en jenisnya

  5. harry berkata:

    saya berminat untuk budidaya sidat.
    bagaimana memulainya … tolong infonya lebih lanjut.

    harry 021-70706075
    chrismanaria@gmail.com

  6. tisna berkata:

    mas klo mau ikut peltihan budidaya sidat dmn y?? hrz mghubngi kmn? trimaksh

  7. afandi berkata:

    wh bagus juga nih….tapi gw butuh bantuan.lahan ama kolam dah ada ckp luas karna d daerah sulawesi yang subur dan sumber air melimpah.d daerah gw yang terkenal soghili,bisa mencapai berat +10kg per ekor….nanti klu mau bantu gw budidaya tlg d balas ya mas…..thank’s

  8. fandi berkata:

    mas ni info yang bagus sekali.kebetulan saya punya tambak ikan yang lumayan gede dan tidak pernah saya manfaatin.di daerah saya(sulawesi utara/bolmong)yang terkenal jenis soghili beratnya bisa15kg bahkan lebih per ekor.ya ada yang kayak paha manusia….mas klu untuk jenis soghili harga pasarnya brapa?untuk export bisa ga’?cara dapat bibitsoghili gimna dan brapa harganya?tolong dibalas d fb saya ya….afandi_tanjung@telkom.net

  9. qbass berkata:

    Saya jd sangat interes, tlg info mengenai modal yang dibutuhkan dr mulai fasilitas kolam,bibit,pemeliharaan,pasca panen untuk per ton nya dan waktu dr mulai tanam bibit sampai panen,tks

  10. abu harits berkata:

    bagaimana caranya untuk bisa ikut pelatihan budidaya sidat? tlng infonya

  11. Ricko berkata:

    Saya juga tertarik mas. Minta alamat lengkapnya bisa?? Biar bisa dikunjungi. Kalo bisa ebook nya sekalian tentang panduan sidatnya. Thx rickociu@gmail.com

    • tmhudd1 berkata:

      Ebook tdk ada, tapi kalau mau pelatihan privat akan kami layani.

      • seno widodo berkata:

        mohon dibantu cara pembudidayaan ikan sidat, krn saya sangat tertarik dengan bisnis ini. apabila saya bisa berkerja sama gmana caranya..?
        saya ada rencana membuata budi daya ini di kampung halaman, yaitu LAMPUNG. terima kasih

      • Gompar berkata:

        bgm caranya utk bisa ikut pelatihan budidaya sidat??? saya berlokasi di pondok cabe depok…. adakah lokasi terdekat dari kami??? tolong sms atau hubungi saya untuk infonya ya….. 081310402280 (Gompar)…

  12. sodiq berkata:

    mas sy sangat tertarik untuk budidaya ikan sidat, di daerah saya jawatimur sebelah seltan belum ada yang pelihara padahal tempat kami meraupakan pusat budidaya ikan baik konsumsi maupun hias. kalau memang ada pelatihannya baik budidaya maupun bisnisnya, saya ingin sekali ikut.
    sodiq9@gmail.com

  13. riza ikhsan berkata:

    Saya jd sangat interest, tlg info mengenai modal yang dibutuhkan dr mulai fasilitas kolam,bibit,pemeliharaan,pasca panen untuk per ton nya dan waktu dr mulai tanam bibit sampai panen,& jg to mdptkan bibitnya dr mana,thanks

  14. Sumaryadi berkata:

    mas,sy tertarik untuk ikut pelatihan.bagaimana cara saya mendapatkan infonya?tolong balasanny ke benqshebenq@yahoo.com.sg
    terima kasih

  15. darwin berkata:

    cara pengobatan atau obat bt sidat/moa yg terluka gmn ya?

  16. Wahyu H berkata:

    Mohon info mengenai bibit ikan sidat trus dimana bisa saya dapatkan bibit ikan sidat tsb mengingat saya berada di kalimantan. Tks

  17. agungdrajad berkata:

    ya saya tertarik, bagaimana caranya budi dayanya dan informasikan mas.

  18. agungdrajad berkata:

    berapa harga bibitnya? dan yang baik ukuran berapa untu jadi 500 gram>.Mohon penjelasanya Pa!

  19. rayvang berkata:

    sy sangat tertarik sekli dgn budidaya sidat, kebetulan sy punya kolam ikan yg cukup luas di pinggiran danau limboto daerah gorontalo, tlg info mengenai modal yang dibutuhkan dr pembelian bibit,cara pemeliharaan,sampai masa panen dan cara pengepakanya. yg lbh penting lg bagaimana bisa menjalin kerja samanya saya siap untuk kerja sama, ditunggu beritanya ya mas

  20. Hendry berkata:

    Saya sangat tertarik untuk membudidaya kan ikan sdat, dimana saya bisa mendapatkan pelatihan budidaya, jadwal nya kapan dan biaya nya berapa? terima kasih.

  21. rea berkata:

    Maz saya tertarik dengan blog maz dan mau tanya harga2 nya dan kalau boleh tau bedanya dengan belut apa ya maz? mohon info.

  22. joey berkata:

    pak minta alamat lengkap tambak pandu karawang sama harga bibit ikan sidat per kg yg ukuran 50 gram/100 gram perkilonya,lokasi saya dibandung,email roland.joker38@gmail.com terima kasih

  23. Aulia berkata:

    Mas saya tertarik untuk budidaya ikan sidat bgmn caranya dan kl ada pelatihannya dmn?mohon infonya email saya blue72ers@yahoo.com.au

  24. growurl berkata:

    dimana bisa mendapat bibit sidat nya dan berapa kisaran harganya.saya sangat berminat membididayakannya.saya berlokasi di Bali utara

  25. Poes berkata:

    aku tertarik ternak sidat nich, minta infonya kapan ada pelatihan sidat n biaya berapa? trims

  26. amrullah berkata:

    sementara ini saya mecoba pembibitan ikan koi, nampak menarik untuk dicoba, saya punya lahan kecil 150 m2 klo mo beli bibit sidat minimal berapa kilo?

    • Dendi berkata:

      saya punya bibit sidat dengan ukuran paling kecil, untuk perKgnya saat ini masih mahal bekisar 900rb dgn jumlah -+ 1000 ekor. ikan sidat mempunyai rasio kematian cuman 10%. Klo berminat silakan hubngi saya lewat sms / telp 081133116.
      saya juga mempunyai ikan bawal dan patin kurang lebih 1 ton

  27. sudirman awal berkata:

    salam lestari,
    saya sebagai pemula utk budidaya sidat di kota manado sekarang ini ada sekitar 2(dua) ribua ekor ukuran finger mungkin dalam waktu tidak lama lagi akan panen bagaimana pemasarannya.tks.

  28. edi ismanto berkata:

    Aku juga tertarik buat ternak sidat, kalau ada latihannya dimana kapan dan berapa biayanya. Untuk bibit berapa per kg nya. email ku edi.ismanto@krakatausteel.com

  29. gamber berkata:

    sangat bagus tolong diberi inpo yang lengkap mengenai sidat ini ?….
    1. kelebihan sindat
    2. kelemahan
    3. cara budidaya
    4. modal awal budidaya
    5. cara mendapatkan bibit
    6. untuk menjualnya
    7. cara kemas pada saat kirim

    thx saia tunggu balasannya secepatnya

  30. gaga berkata:

    boz,, saya mau ikut pelatihannya.. tolong minta infonya..

    trus minta infonya juga tentang kira2 jumlah modal awal, prawatan, sampe dengann omset nya..

    trims. email = miga_zx@yahoo.com

  31. wildan irfany berkata:

    ditempat saya banyak yg membudidayakan ikan sidat cuma blum tau penjualan kmana?ada yg tau tempat pengekspornya biar kami bisa menjualnya kstu.trimakasih

  32. rudy berkata:

    madiun,
    saya minat bisa bantu cara memperoleh bibitnya

    ada rekan2 madiun yang sudah berhasil
    share pengalamanya ke ranet.rudy@gmail.com

  33. dudung berkata:

    tolong dong inpormas pembelian benih ikan sidst !

  34. bobubaca berkata:

    Aku juga tertarik buat ternak sidat, kalau ada latihannya dimana kapan dan berapa biayanya. mohon di email ke tita.kusuma@gmail.com

  35. Lan berkata:

    q mw belajar budidaya sidat via privat. q tunggu infox.

  36. lani berkata:

    saya ingin sekali privat ttg budi daya ikan sidat,tolong infonya mas di alamatkan ke kaelani@ymail.com .terima kasih di tunggu ea mas.

  37. zainul berkata:

    Tertarik banget dengan peluang usaha ikan sidat,

    Di mana tempatnya training budidaya ikan sidat bozz
    mohon infonya bozz

    Thxzzz banget infonya

  38. Gunardi berkata:

    Didaerah saya tepatnya kab.PPU Prop.Kaltim banyak terdapat habitat ikan sidat liar yg ada dibantaran sungai namun belum ada yg membudidayakannya. Saya sangat tertarik, tlng dijelaskan:

    1. bentuk dan persiapan kolam
    2. kreteria bibit yg baik ( dimana saya bs mendapatkannya?)
    3. Pakan ikan sidat.

  39. Arman HP berkata:

    Salam kenal…
    Saya tertarik untuk lebih jauh mempelajari tentang SIDAT ini.
    Tempat tinggal saya di Banyuwangi, secara geografis apa cocok daerah saya untuk budidaya SIDAT?
    Saya tinggal di daerah dekat dengan pantai, sehingga untuk kolam air deras agak susah dalam pembuatannya…bagaimana kalau diusahakan dengan cara kolam biasa/air tenang?
    berapa kalkulasi biaya untuk memulai budidaya SIDAT ini dengan lahan yang terbatas (misalnya: 10X10m/pekarangan rumah)?
    Terima kasih atas jawabannya

  40. FJAR berkata:

    saya berminat untuk budidaya sidat.
    bagaimana memulainya … tolong infonya lebih lanjut.

  41. kuntarto berkata:

    terima kasih semoga manfaat

  42. rizki berkata:

    bang mau donk info tentang sidat na….
    aq bingung masarinya gmana ya…,.,???

  43. Revi berkata:

    salam kenal Pak saya tinggal di daerah cileungsi – bogor, saya tertarik untuk memulai budi daya ikan sidat, boleh minta informasinya pak. dan juga berapa kalkulasi biaya untuk memulai budidaya SIDAT ini dengan lahan yang terbatas (misalnya: 10X10m/pekarangan rumah)?
    Terima kasih atas jawabannya

  44. Indi berkata:

    hem besar banget ya ukuran sidat, apa enak itu dimakan?

  45. yunus berkata:

    nama saya yunus asal kuningan jabar. kuningan sangat bagus untuk budidaya dg memiliki sumberdaya alam yg cocok untuk budidaya ikan sidat, bagi rekan2 yg berminat investasi ikan sidat di daerah kuningan harap hub kami,
    nama : yunus

  46. ozone berkata:

    apakah sidat dapat dibudidayakan di daerah yang berhawa dingin seperti di bandung dan sekitarnya? kalaupun bisa apakah hasilnya akan optimal seperti di daerah hawa panas? mengingat sidat mempunyai habitat di daerah pesisir. thank’s

  47. zii_zee berkata:

    saya ayu dari jakarta, saya tertarik dengan budidaya sidat..
    yang ingin saya tanyakan, bapak berlokasi dimana ya? agar saya dapat datang langsung ke lokasi bapak untuk survei.. kemudian bisa minta tolong kirimkan prospek mengenai sidat dan pricelistnya pak untuk setiap jenis dan ukuran sidat, cara pembudidayaan, do and don’t nya.. ke chumbell_zya@yahoo.co.id
    terima kasih

  48. dito berkata:

    Masalah marketing nya gmana ya? mohon tanggapannya

  49. lik suti berkata:

    menarik sekali…kl di jogja kira2 yg bisa membantu siapa/lewat siapa ya,soalnya kl hrs ke karawang butuh waktu dan biaya.mohon jawabannya.trmksh

  50. Tony berkata:

    mas kalau untuk dapatin sidat yg siap konsumsi di mana & harga berapa?saya mau buka usaha makanan jepang kabayaki tapi kesulitan mencari bahan.saya cari jenis bicolor pasifica.klu ada mohan info ke saya.Terima kasih banyak

    Nama : TONY
    Tlpn : 0817-4878-698
    0361-814-779

  51. ade berkata:

    saya mo nanya harga bibit sidat dan penjualannya…saya lokasi di muara ciasem..saya berminat utuk budidaya sidat..

  52. yudi berkata:

    saya, ingin mendapatkan bibit ikan sidat, gimana caranya? , berapa harga /kg? semua jenis?

  53. hadi berkata:

    salam kenal Pak saya hadi dari Banjarmasin, saya tertarik untuk memulai budidaya ikan sidat, pak untuk banjarmasin apakah sudah bisa untuk membudidayakan ikan tersebut dan kemana untuk menjualnya, boleh minta informasinya pak. dan juga berapa kalkulasi biaya untuk memulai budidaya SIDAT dengan lahan dari tambak ukuran variasi 8×8, 5×10 masing 2 kolam pak yang airnya berarus dari irigasi pak, Terima kasih atas jawabannya

  54. madtopik berkata:

    harga sidat 200gram brp?posisi dmn?

  55. UDIN berkata:

    KALAU SAYA BARU MULAI BUDIDAYA, KIRA2 AGAN MAU TERIMA HASIL PANENNYA…. ATAU SAYA BISA JUAL KEMANA?

  56. jhaja berkata:

    pak saya tertarik dan saya mau coba tolong di kirim alamat bapak di karawang saya mau survei kesana dan sekalian klo untuk pemula seperti saya jenis sidat apa yg cocok terus berapa harga bibitan/kg untuk masing2 sidat itu lalu bagai mana utk pembuatan kolam,pakan ,pemeliharan dan penjualan setelah panen.terimakasih pak tolong balas ke jha_ja.supriyadi@ymail.com

  57. panoparaja berkata:

    Apakah pembibitan bisa dilakukan di air tawar?

  58. teguh berkata:

    Artikelnya sangat berguna untuk pemula yang ingin belajar budidaya ikan sidat…
    “Good luck” maju trus

  59. arry kurniawan berkata:

    numpang promosi gan, saya jual tepung ikan dengan Protein 60% dengan TvNB 150% Max dengan hrga 12500/kg bagi yg berminat Hub. arry kurniawan 085697558253.

    tepung ikan yg kami miliki sebagai bahan dasar untuk campuran pakan sidat.

    matur nuwun bagi agan2 yg pakannya masih bikin sendiri

  60. EDI LAMINTO berkata:

    Domisili sy di sulawesi tenggara, kab. muna. Benih ikan sidat di sni lmayan byak. Terutama di sungai2. Memang susah di tangkap dan sidat jrang sekali keluar, kcuali tngah malam. Kmi dsini rata2 petani tambak udang ada yg dri jwa timur dan jwa brat (karawang). Dgn sikon sperti itu kmi yakin budi daya sidat sgatlah potensi dtmpat kmi. Hy kmi membtuhkn pembimbing.

  61. EDI LAMINTO berkata:

    Domisili sy di sulawesi tenggara, kab. muna. Benih ikan sidat di sni lmayan byak. Terutama di sungai2. Memang susah di tangkap dan sidat jrang sekali keluar, kcuali tngah malam. Kmi dsini rata2 petani tambak udang ada yg dri jwa timur dan jwa brat (karawang). Dgn sikon sperti itu kmi yakin budi daya sidat sgatlah potensi dtmpat kmi. Hy kmi membtuhkn pembimbing. no hp sy 082188573006

  62. YANTO,ST berkata:

    wh saya juga berminat membudiyakan ikan sidat di daerah saya di kab.natuna banyak lahan tapi saya kurang modal ,mohon solusinya .
    terima kasih

    Yanto Natuna

    Propinsi Kepulauan Riau

  63. rizki berkata:

    saya tertarik sekali dengan budidaya ikan sidat, tolong bantu saya mas, brp modal awal dan untuk pelatihannya saya berlokasi di palembang
    rfajrin96@yahoo.com

  64. wahyu berkata:

    tolong kirik daftar harga benih sidat mas, saya mau mencoba pembesaran krn saya punya tempat yang luas bekas pembesaran lele, dan domisili saya di jbr apa bisa benih sampai disini tidak stres

  65. Ping balik: sidat karawang | Makanan Siap Saji

  66. yahya berkata:

    bos tlong klo di sulawesi barat kira2 bs nampuung g’? n klo dr jnis lokal yg ada dsni mmpu tmpuung dgn hrga brpaa……????
    mohon sms ke no z 085210968311

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s