Teknik Budidaya Cacing Tubifek / Sutra

cacing tubifex

Persiapan Bibit

Bibit bisa dibeli dari toko ikan hias atau diambil dari alam

Note : Sebaiknya bibit cacing di karantina dahulu karena ditakutkan membawa bakteri patogen.

2. Persiapan Media

Media perkembangan dibuat sebagai kubangan lumpur dengan ukuran 1 x 2 meter yang dilengkapi saluran pemasukan dan pengeluaran air. Tiap tiap kubangan dibuat petakan petakan kecil ukuran 20 x 20 cm dengan tinggi bedengan atau tanggul 10 cm, antar bedengan diberi lubang dengan diameter 1 cm

20 cm x 20 cm

20 cm x 20 cm

20 cm x 20 cm

20 cm x 20 cm

20 cm x 20 cm

20 cm x 20 cm

20 cm x 20 cm

20 cm x 20 cm

1 M x 2M

3. Pemupukan

Lahan di pupuk dengan dekak halus atau ampas tahu sebanyak 200 – 250 gr/m2 atau dengan pupuk kandang sebanyak 300 gr/m2.

4. Fermentasi

Lahan direndam dengan air setinggi 5 cm selama 3-4 hari.

5. Penebaran Bibit

Selama Proses Budidaya lahan dialiri air dengan debit 2 – 5 Liter / detik

6. Pemanenan

Cacing Bisa dipanen setelah 8 – 10 hari.

http://maswira.blogspot.com
About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Teknik Budidaya Cacing Tubifek / Sutra

  1. Condro berkata:

    apakah air kudu mengalir?, artinya kalo pake bekas aquarium gak bisa.

    terima kasih

  2. nius berkata:

    permisi mau ikut tanya2,,klu mau cri cacing sutra dri alam khususnya Kalimantan,mreka dpt ditemukan yg gmana y?

  3. SUYANTO berkata:

    terima kasih atas panduannya dan mau nanya niii , lahan atau lumpur yang sudah dipakai/sudah dipanen cacingnya apa bisa untuk ternak lagi atau dikasih bibit cacing yang baru. Caranya gimana? mksh.
    Mau nanya lagi….saya memijahkan lele pada awalnya pernah jadi, tapi pada akhir-akhir ini sampai kurang lebih 12 kali memijahkan lele gagal trus pada umur 15-25 hari pada mati semua paling tinggal 5/7 ekor aja. Tapi kalo beli lele ukuran 3-5 jarang yang mati, hanya satu dua saja. tksh

  4. jhimigo berkata:

    Lumpur berasal darimana yang paling baik digunakan??

  5. bhakti gede berkata:

    masa panen cacing sutra palingidel berapa hari ya

  6. anya sela berkata:

    hi jiji banget sih cacing itu , terus kalo masuk ke pori pori bagai mana tuh ihhhhh,,,h

  7. gatot berkata:

    saya tertarik dengan budidaya cacing sutra.
    yang mau saya tanyakan kira kira setelah 8 hari bisa dipanen berapa perbandingan antara benih yang di tabur dengan hasilnya? berapa kali lipat?

  8. gatot berkata:

    soalnya kita punya kolam ukuran 5 x 7 m2. kira kira bisa maksimal untuk budidaya cacing tubifek?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s